Karencu

Sejak diskusi di wag Bima Berkhidmat di penghujung Ramadhan 1441 H (2020 M), saya jadi penasaran dengan “Karencu”. Seingat saya, Karencu sama dengan Ketupat, tetapi ternyata salah. Ketupat itu kalau di Bima (dan juga Dompu) dikenal dengan nama Kahuntu (beda dengan Kahuntu Kalo, ya 😀 )

Saya lalu searching “karencu” dan alhamdulillah ada sebuah video YouTube postingan Khanna Story tentang pembuatan Karencu, dengan lokasi di Dompu. URL: https://www.youtube.com/watch?v=R9q-QQsgDQo

Karencu dibuat dari (1) Beras Ketan, (2) Kelapa Parut, dan (3) Garam.
Beras ketan direndam dulu selama dua jam, lalu dicampur dengan kelapa parut dan garam. “Adonan” kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda, dan diikat. Karencu kemudian direbus selama 3-4 jam.

Agar mudah disimak di sini, saya capture beberapa frame di video tersebut.

Setelah melihat bentuk Karencu ini saya langsung ingat “Leupeut” (saya tinggal di Bogor dan suka beli Leupeut di nenek-nenek penjual di Prapatan Cileungsi). Di Jawa, disebut “Lepet”. Kata Wikipedia, orang Indonesia/ Malaysia menyebutnya “Lepat”.

Tetapi, menurut saya, Karencu di Bima-Dompu tidak persis sama dengan Leupeut di daerah Sunda (Banten / Jawa barat). Leupeut yang suka saja beli ada butir-butir kacang (merah)-nya, dan itu bagian yang saya suka.

Leupeut
Ini kata Hj. Rismalasri, S.Pd. MM dalam tulisannya di Gurusiana.id

Jadi begitchu… semoga pembaca bisa menambahkan informasinya.

Selamat membuat Karencu untuk lebaran di tengah suasana pandemi Covid-19. Bahagia bersama keluarga!

1 Comment

  1. Akbar Uba Haykal

    Soal kuliner, Bima tidak kalah dengan daerah lain. Ini dibuktikan dengan adanya kuliner yang sejenis yang ada di daerah lain. Bima mengenal Karencu yang hanya ada saat 2 hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha’. Ternyata penganan sejenis ada di daerah Sunda (Banten Jawa barat) dengan nama Leupeut) yang bahan pembuatannya sama. Demikian juga di daerah Bugis (Sulawesi Selatan) ada juga penganan sejenis ini. Pokoknya Bima mantap !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *