Pantai Lariti, Laut Terbelah di Bima (NTB)

Anda tentu pernah mendengar “laut terbelah” dalam kisah Nabi Musa AS. Nah, di Bima (NTB) ada fenomena yang hampir sama, yaitu “laut terbelah”. Adanya di Pantai LARITI.

Lokasi pantai Lariti

Pantai Lariti termasuk wilayah kec. Lambu (SAPE), tidak jauh dari Pelabuhan Sape.

“Laut Terbelah”

Sebenarnya, di pantai Lariti laut tidak benar-benar terbelah. Ketika terjadi pasang surut air laut, bagian laut yang dangkal menjadi terlihat, bahkan membentuk jalan seakan-akan membelah atau membagi dua laut di sekitarnya. “Jalan” yang terbentuk bisa kita gunakan untuk berjalan menuju ke pulau kecil di tengah laut.

Oleh karena jalan yang membelah laut itu hanya ada ketika pasang surut, tidak setiap waktu kita bisa menyaksikan laut yang terbelah. Tidak ada patokan jam berapa akan terjadi pasang surut, namun biasanya terjadi di sore hari. Selama belum terjadi pasang surut, kita hanya bisa menyaksikan air laut yang mengelilingi pulau kecil di tengahnya.

pulau di tengah laut pantai lariti
Tampak air laut mengelilingi pulau kecil di Lariti

Jika anda mengunjungi pantai Lariti, mungkin anda berharap menyaksikan fenomena “laut terbelah” itu. Namun jika tidak beruntung menyaksikannya, anda tetap bisa menikmati wisata pantai berpasir lembut, piknik bersama keluarga dan teman di area pantai yang luas.

Fasilitas di Pantai Lariti

Di pantai Lariti sudah disediakan saung dan bangunan penunjang lainnya, seperti musholla dan toilet. Tempat parkirnya pun sangat luas.

Saat ini, jalan menuju pantai Lariti juga sudah beraspal, sehingga kita cukup mudah untuk mencapainya. Namun sekadar mengingatkan saja, di Pantai Lariti angin cukup kencang dan matahari cukup terik. Sebaiknya anda berbekal jaket, atau paling tidak kain penutup leher (syal), serta kacamata hitam. Dengan demikian anda akan cukup terlindungi, dan tentu saja akan lebih cakep di dalam foto hehe…

Berikut ini beberapa gambar yang kami pilihkan untuk anda dari Internet (terima kasih kepada pembuat gambar yang bagus-bagus ini).

Jika anda membutuhkan informasi kendaraan, tour guide, atau jasa lainnya, silahkan kontak Admin Amahami.com (klik KONTAK).

Anda juga bisa mengusulkan topik yang dimuat di situs ini. Silahkan isi komentad di bawah ini, atau bisa juga mengirimnya ke Admin (klik di sini).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *