Novel Budaya: Di Bawah Langit Bima (Eps. NDEMPA)

novel ndempa

Buku ini termasuk kategori novel budaya, karena banyak bercerita tentang kondisi sosial budaya masyarakat Bima, Nusa Tenggara Barat. Kisahnya tentang seorang anak muda dari ibukota yang mengunjungi tanah kelahiran orang tuanya, namun terseret ke dalam masalah yang bukan karena perbuatannya. Di sinilah dia mulai mengenal karakter asli orang Bima, dan harus menghadapinya sebagai orang Bima juga.

NDEMPA adalah perkelahian yang umumnya dilakukan secara massal, keroyokan, tetapi sejatinya Ndempa adalah jalan para ksatria zaman dulu untuk menyelesaikan permusuhan dengan duel!

Pada buku ini tidak hanya tradisi Ndempa yang dibahas, namun ada juga seni beladiri Gantao yang sangat terkenal, dikisahkan dengan sangat ciamik sehingga kita bisa menangkap sisi terdalam dari seni Gantao. Pada buku ini, Gantao tidak hanya sebuah seni pertunjukan, namun lebih agung karena menjadi sarana bagi para ksatria untuk mengadu ilmu kanuragannya.

Bahasa Bima

Pada buku ini kita juga banyak belajar bahasa Bima. Penulis mencoba mengenalkan bahasa Bima dalam dialog sehingga kita bisa mengerti makna dan cara penggunaannya.

Contoh dialog:

Untuk menjelaskan bahasa dan situasi di Bima, penulis juga banyak menggunakan catatan kaki. Dengan cara ini, penulis tidak hanya menulis cerita sebagai hiburan, namun memanfaatkan kisah ini untuk menunjukkan luhurnya budaya dan kearifan lokal Bima –yang tidak mudah ditunjukkan dengan cara yang lain.

Informasi Perjalanan dan Lokasi

Seorang pembaca sempat berkomentar, novel ini kentara sekali ditulis oleh seorang jurnalis, karena dalam bercerita, detail perjalanan dan lokasi-lokasi yang disebutkan sangat rinci, seperti laporan jurnalis.

Hal ini tentu dapat dimaklumi karena muatan novel ini tidak melulu hendak bercerita, tetapi ada keinginan untuk memperkenalkan daerah (dan sosial budaya) Bima kepada pembaca. Selain mendapat hiburan dari cerita petualangan, pembaca juga mendapat nilai tambah dari informasi-informasi faktual yang diberikan.

Contoh:

Penerbit

El-Sufi Publishing

Jl. Lintas Tente-Karumbu, Desa Cenggu
Kec. Belo, BIMA (NTB)
Telp. +62 852-0216-4181
Email: elsufipublishing@gmail.com

ISBN: 978-623-88012-8-2

Konklusi

Novel ini sudah cukup baik memenuhi tujuan penulis, yaitu memberikan hiburan dengan cerita sekaligus mengenalkan sosial budaya Bima kepada pembacanya. Walaupun plot cerita di dalam buku ini masih tidak sepiawai novelnya Sidney Sheldon, namun sebagai hiburan bagi penyuka kisah petualangan, kisah di dalam buku ini sudah memenuhi harapan.

Buku “Di Bawah Langit Bima” episode NDEMPA ini merupakan buku pertama dari trilogi yang direncanakan penulis. Mudah-mudahan buku berikutnya segera terbit dan memberikan kejutan-kejutan baru yang lebih mengasyikkan. Kita tunggu!

Pembelian Buku

Bagi pemirsa yang ingin memiliki buku “Di Bawah Langit Bima” episode NDEMPA, bisa chat WA ke: 0812-9869-5989. Harga hanya Rp 75.000 + ongkir sesuai alamat pengiriman.

Silahkan chat sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *